Senin, 12 Agustus 2013

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 H

Kamis (8/8) umat Islam selesai merayakan Hari Raya Idul Fitri 1434 H. Syukur Alhamdulillah, Hari Raya Idul Fitri atau di Tanah Air disebut juga dengan hari Lebaran dirayakan secara serempak oleh mayoritas kaum muslimin. Bersamaannya penetapan hari Lebaran oleh Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, dua ormas Islam terbesar di Indonesia, membuat  suasana perayaan Lebaran tahun ini jadi lebih ceria.
Kaum muslimin yang benar-benar melaksanakan ibadah puasa dengan baik dan mengisi siang dan malam-malam Ramadan dengan amal ibadah, tentu akan berbahagia lahir dan bathin. Seperti yang dijanjikan oleh Allah SWT, orang tersebut akan memasuki 1 Syawal 1434 H, laksana anak yang baru lahir, bersih dan suci atau dalam kondisi fitri.
Hari Raya Idul Fitri juga momen untuk merajut dan mempermantap hubungan silaturahmi dengan keluarga, sanak famili, tetangga, rekan kerja serta elemen masyarakat lainnya. Sebelum kita mengucapkan selamat hari raya dan bermaaf-maafan dengan orang lain, marilah kita saling bermaafan di   dalam keluarga. Isteri minta maaf kepada suami, demikian pula sebaliknya. Anak minta maaf kepada orang tua, adik terhadap kakak,  begitulah seterusnya. Momen Idul Fitri sebagai kesempatan emas untuk menyelesaikan kekusutan hubungan silaturrahmi antara satu muslim dengan muslim yang lainnya.
Mudah-mudahan kita tidak larut dalam kebahagiaan dan kegembiraan yang berlebih-lebihan sehingga mengaburkan subtansi dari perayaan Hari Raya Idul Fitri itu sendiri. Selepas Lebaran, keimanan dan ketakwaan kaum muslimin Insya Allah lebih meningkat, karena telah sebulan penuh mengikuti pendidikan spiritual Ramadan. Semoga saja kita dipertemukan kembali oleh Sang Khalik dengan Bulan Ramadan 1435 H. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal Aidin Walfaizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin