Sabtu, 24 Agustus 2013

Berjalan Diatas Seutas Tali


Jultagi atau eoreum adalah jenis kesenian dan permainan tradisional Korea yang dilakukan dengan cara Berjalan Diatas Tali. Jika jultagi yang ditampilkan penghibur istana dimainkan di acara-acara pesta istana, hiburan bagi bangsawan dan kunjungan utusan asing, jultagi kelompok sadang tampil di perayaan-perayaan rakyat jelata dan mereka tidak dibayar.

Di Indonsia hampir kita tidak pernah menyaksikan atraksi Berjalan Diatas Tali atau Jutlangi seperti yang ada di Korea, karena di perkirakan tradisi Berjalan Diatas Tali yang ada di Korea asalnya dari daratan China. Bisanya kalau ada hiburan semacam sirkus khususnya dari luar negeri China kita dapat melihat atraksi berjalan di atas tali tetapi coba perhatikan biasanya jokinya/pelakunya  memakai alat bantu keseimbangan seperti tongkat yang panjang.

Tetapi Tradisi Berjalan Diatas Tali bisa juga disaksikan bahkan bisa jadi hanya satu-satunya di Indonesia yaitu di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan dan disaksikan tanpa dipungut bayaran karena memang atraksinya di laksanakan di tempat umum pinggir laut. Berjalan Diatas Seutas Tali Di Atas laut  tanpa peralatan pengaman di atas seutas tali membuat orang yang melihatnya akan merasa cemas, sayangnya tradisi ini hanya dilakukan sekali dalam setahun di acara Lomba pada Pesta Rakyat HUT RI.

Aturannya setiap peserta berjalan, duduk, berbaring dan berbalik badan Diatas Seutas Tali. Atraksinya sangat menghibur dan sangat unik karena hanya bisa dilakukan oleh orang yang bermukim di pesisir dari suku bajo.

.