Minggu, 15 September 2013

Hari Nusantara 2014 di Kotabaru


Hari Nusantara Kotabaru di Dukung 12 Kementrian.

Wayah pang sudah hari baganti musim
Wayah pang sudah
Kotabaru gunungnya Bamega
Bamega umbak manampur di sala karang
Umbak manampur di sala karang
Batamu lawanlah adinda
Adinda iman di dada rasa malayang
Iman di dada rasa malayang.... dst. 

Sedikit cuplikan lagu Paris Barantai.  Penggemar lagu daerah pasti kenal dengan lagu tersebut.  Lagu dan Lirik di ciptakan oleh : H. Anang Ardiansyah. Lagu itu mendeskripsikan Keindahan, kekayaan dan keberagaman potensi sumber daya bahari Kotabaru  Kalimantan Selatan yang memberikan manfaat yang tak terhingga, baik dari aspek ekonomi, sosial, dan budaya. Terbukti telah menjadi perhatian pemerintah pusat dengan ditetapkannya  Hari Nusantara 2014 yang rencananya dipusatkan di Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, yang akan didukung oleh 12 Kementerian.

"Hari Nusantara bukanlah hanya kegiatan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan semata, tetapi kegiatan yang akan dimotori oleh 12 Kementerian." Hari Nusantara 2014 nanti Kabupaten Kotabaru memberi peluang mempromosikan daerah dan semua potensinya, karena kegiatan tersebut melibatkan 12 kementerian."
 
Yang pasti, masing-masing Kementerian akan mengambil bagian sesuai bidangnya, untuk memajukan Kotabaru sebagai daerah berkembang dan sejajar dengan daerah maju lainnya.

Selain memiliki potensi hasil tambang yang melimpah ruah, "Bumi Saijaan" Kotabaru juga memiliki potensi kepariwisataan, terutama wisata bahari. "Kotabaru memiliki gugusan karang yang keindahanya tidak kalah dengan di Bunaken, dan yang lainnya."

Batu karang yang ada di pesisir Teluk Jagung, Pulau Laut Barat, dan Pulau Laut Selatan, memiliki keindahan yang mempesona. Selain batu karang, Kotabaru juga memiliki beberapa pulau yang dijadikan tempat koloni penyu bertelur, seperti Pulau Samer Gelap, dan beberapa pulau di Kecamatan Pulau Sembilan.

"Potensi-potensi tersebut bisa dijual kepada wisatawan domestik dan mancanegara, tinggal melibatkan Kementerian Pariwisata terkait mengelolaanya."